PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KELAS X MATERI TEKS CERPEN SMA YWKA PALEMBANG

Dian Wahyuningsih, NIM. 312019004 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KELAS X MATERI TEKS CERPEN SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019004_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
312019004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
312019004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
312019004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
312019004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
312019004_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
312019004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
312019004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text
312019004_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih, Dian. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kelas X Materi Teks Cerpen SMA Ywka Palembang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Listini, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, learning cycle 5e, teks cerpen Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta keterbaruan kurikulum menjadi salah satu tantangan bagi dunia pendidikan terutama guru untuk terus berupaya mengintegrasikan teknologi yang ada untuk proses pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi saat mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah peserta didik kurang tertarik terhadap materi yang dijelaskan oleh pendidik karena kurangnya media pembelajaran khususnya pada materi Teks Cerpen. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian model Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen. Tujuan penelitian untuk: (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik Bahasa Indonesia terhadap model pembelajaran berbasis Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen di SMA Ywka Palembang, (2) Mendeskripsikan rancangan pengembangan model pembelajaran berbasis Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen di SMA Ywka Palembang,. Instrumen pengumpulan data menggunakan teks awal (pretest), teks akhir (posttest) dan angket siswa, untuk menguji model Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen di SMA Ywka Palembang. Hasil penelitian dalam Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen di SMA Ywka Palembang. Rata-rata tes awal (pretest) kelas kontrol adalah 50,62, dan tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 53,91, sedangkan rata-rata tes awal (pretest) adalah 67,02, dan teks akhir (posttest) kelas eksperimen adalah 72,97. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa model Learning Cycle 5e pada materi Teks Cerpen di SMA Ywka Palembang dinyatakan sangat layak digunakan dalam membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X khususnya pada materi Teks Cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Supriatini, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, learning cycle 5e, teks cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:44
Last Modified: 08 Aug 2023 05:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26113

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.