Kritik Sosial dalam Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP

FEBRI WAHYUNINGSIH, NIM. 312019031 (2023) Kritik Sosial dalam Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II PERBAIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III PERBAIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB 4 PERBAIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB 5 PERBAIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB 6 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SCAN SKRIPSI FEBRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
febriwahyuningsih_312019031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Wahyuningsih, Febri. 2023. Kritik Sosial dalam Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Houtman, M.Pd., (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata Kunci: Kritik Sosial, Cerpen, Sosiologi, Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi, karena cerpen tersebut sangat menarik menceritakan kehidupan yang beraneka ragam, seperti persoalan karir, cinta kasih, mental dan persoalan ekonomi. Masalah tersebut disajikan dengan bahasa yang menarik, lugas, dan mudah dipahami oleh pembaca. Masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja kritik sosial yang terdapat di dalam cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono? dan Bagaimanakah relevansi kritik sosial pada cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono dan mendeskripsikan relevansi kritik sosial pada cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis karya dengan membaca dan memahami keseluruhan isi cerpen, mengkalsifikasikan kritik sosial yang terdapat dalam cerpen, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti, peneliti menemukan 43 data masalah kritik sosial dalam cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono yang terdapat dalam masalah ekonomi terdiri dari sikap kepedulian terhadap sesama masyarakat sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono setelah dianalisis dengan menggunakan analisis karya yang memilik masalah sosial dalam kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah tersebut meliputi: (1) Kritik terhadap masalah cinta kasih, (2) Kritik terhadap masalah moral, (3) Kritik terhadap masalah ekonomi, (4) Kritik terhadap masalah kekerabatan, dan (5) Kritik terhadap masalah pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Houtman, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Cerpen, Sosiologi, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:19
Last Modified: 29 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.