RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING PT. BINTANG AIR SILAMPARI BERBASIS ANDROID WEBVIEW MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN RAD

Al Amalul Khoir, NIM. 162019065 (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING PT. BINTANG AIR SILAMPARI BERBASIS ANDROID WEBVIEW MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN RAD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
162019065_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
162019065_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
162019065_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
162019065_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
162019065_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
162019065_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
16209065_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
162019065_COVER_SAMPAI_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Teknologi Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembayaran tagihan rekening PT. Bintang Air Silampari berbasis Android Webview menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Saat ini, sistem penagihan yang digunakan oleh perusahaan masih kurang efektif dan memakan waktu, dengan operator yang harus datang beberapa kali ke lokasi pelanggan untuk mencatat tagihan dan menagih pembayaran. Hal ini menyebabkan kurangnya efisiensi dalam proses penagihan dan potensi terjadinya perbedaan data yang dapat merugikan perusahaan dan menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap permasalahan tersebut dan merancang solusi berupa aplikasi berbasis Android Webview. Aplikasi ini memungkinkan operator untuk mencatat penggunaan air pada meteran pelanggan secara langsung melalui perangkat Android. Data yang tercatat kemudian dihitung dan disampaikan kepada pelanggan melalui struk hasil cetak printer thermal. Dengan menggunakan metode pengembangan RAD, aplikasi ini dapat dibangun dengan cepat dan mempercepat proses penagihan serta meminimalkan potensi kesalahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembayaran tagihan rekening PT. Bintang Air Silampari dapat mempermudah tugas perusahaan dan karyawan dalam proses penagihan, serta membantu dalam pembuatan laporan dan pengolahan pengajuan pelanggan. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan perusahaan kepada pelanggan, serta memperkuat reputasi perusahaan di industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Jimmie, S.Kom., M.Kom. 2. Meilyana Winda Perdana, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Rapid Application Development, Tagihan Rekening, Android Webview , MySQL.
Subjects: Teknologi informasi > Arsip data
Teknologi informasi > perangkat lunak
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:31
Last Modified: 22 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.