Analisis Hukum Terhadap Penerapan Cyber Notary Pada Profesi Notaris

Kanaya Thabita, NIM. 502019173 (2023) Analisis Hukum Terhadap Penerapan Cyber Notary Pada Profesi Notaris. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019173_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (973kB) | Preview
[img] Text
502019173_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
502019173_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
502019173_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
502019173_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
502019173_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019173_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS HUKUM PENERAPAN CYBER NOTARY PADA PROFESI NOTARIS KANAYA THABITA 502019173 Peran notaris ialah sebagai seorang pejabat negara yang melakukan layanan pada masyarakat, notaris diberi kesempatan untuk memajukan daya dan karya dalam bidang penggunaan dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi seefektif mungkin serta bertanggung jawab dalam pemanfaatannya guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Dilihat dari sudut pandang komunikasi suatu transaksi elektronik pada dasarnya adalah kegiatan pertukaran informasi melalui sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk melakukan suatu perbuatan hukum tertentu. Implementasi cyber notary sudah menjadi hal yang wajar di berbagai negara-negara maju, meskipun implementasi cyber notary di Indonesia tidak semasif seperti yang terjadi di negara – negara maju, pemerintah bersama notaris-notaris senior mulai intensif untuk mendorong penerapan cyber notary di seminar-seminar maupun kongres notaris. Hal ini juga dapat dilihat dari penerapan teknologi dan dibuatnya dasar hukum yang dapat menjadi landasan implementasi cyber notary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep perbuatan hukum mana yang dapat diterapkan melalui pranata cyber notary serta untuk mengetahui kemampuan profesi notaris dalam penerapan cyber notary. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam skripsi ini adalah jenis penelitian gabungan yuridis normatif dan empiris (sosiologis). Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan penelitian yang berupa fakta-fakta empiris sebagai perilaku manusia, baik perilaku verbal yang nyata, maupun perilaku yang terdokumenstasi dalam berbagai hasil perilaku atau catatan-catatan. Serta data sekunder yang terdapat dalam kepustakaan, yang berupa peraturan perundangundangan yang terkait jurnal, hasil penelitian, artikel, dan lainnya. Profesi notaris di Indonesia menerapkan sistem campuran yaitu sistem konvensional maupun modern, hal ini dikarenakan masih belum diterapkannya tanda tangan digital oleh karena belum ada sumber daya manusia yang mampu menciptakan tanda tangan digital berautentikasi yang terjamin keamanannya serta para notaris di Indonesia masih menjalankan sistem konvensional yaitu mewajibkan klien untuk hadir secara langsung dalam penandatanganan akta serta pembacaan akta tersebut demi menjaga keutuhan kekuatan pembuktian akta yang dibuatnya. Kata kunci : Cyber notary, profesi, notaris, elektronik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus,S.H.,M.S. 2. Dr. Abdul Latif Mahfuz, S.H., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Cyber notary, profesi, notaris, elektronik
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:16
Last Modified: 12 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.