PERAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Nanang Ardiansah, NIM. 622019010 (2023) PERAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
622019010_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
622019010_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
622019010_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
622019010_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
622019010_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
622019010_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622019010_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, peran profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang sudah cukup baik terbukti diantaranya peserta didik sudah mengaplikasikan ibadah yang diwajibkan seperti shalat fardhu dan shalat sunnah. Hal ini menunjukkan bahwa karakter religius yang dimiliki guru dan peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang sudah baik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang terdiri dari dua keadaan yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi dari kemampuan peserta didik itu sendiri dan dukungan dalam keluarga. Faktor eksternal meliputi lingkungan pertemanan, lingkungan sekitar dan pelaksanaan sholat yang tidak dilaksanakan secara awal waktu dikarenakan masjid digunakan secara bergantian mulai dari SD, SMP, MTS, SMA, DAN MA. Ketiga, peran profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Palembang sudah cukup baik terbukti dengan cara guru menegur peserta didik ketika melakukan kesalahan mereka tidak memarahi atau memukul peserta didik melainkan menasehati dan membimbing peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag. M.Pd.I 2. Zulkipli, S.Ag. M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Karakter, Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Jun 2023 00:26
Last Modified: 07 Jun 2023 00:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25681

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.