Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Berdasarkan Objek Langsung Matematika

ERIKA DWIANA, NIM. 332017018 (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Berdasarkan Objek Langsung Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017018_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332017018_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
332017018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332017018_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
332017018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
332017018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
332017018_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dwiana, Erika. 2023. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Berdasarkan Objek Langsung Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Objek Langsung Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yaitu rendahnya hasil ujian nasional (UN) Matematika tingkat SMP selama beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV di kelas VIII berdasarkan objek langsung matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik gabungan/triangulasi, yang meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan objek langsung matematika yang dilakukan peserta didik yaitu sebesar 86.1% dan termasuk pada kategori sangat tinggi, meliputi kesalahan fakta sebesar 82%, kesalahan konsep sebesar 76.7%, kesalahan prinsip sebesar 92%, dan kesalahan keterampilan sebesar 93.6%. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yaitu: kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi SPLDV maupun materi lain yang terkait dalam menyelesaikan soal SPLDV, kurangnya fokus dan ketelitian dalam menyelesaikan soal, serta kurang memahami maksud dari soal SPLDV yang disajikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Objek Langsung Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Jun 2023 00:40
Last Modified: 03 Jun 2023 04:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.