ERIKA DWIANA, NIM. 332017018 (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Berdasarkan Objek Langsung Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
332017018_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
332017018_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
332017018_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
332017018_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
332017018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
332017018_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
332017018_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Dwiana, Erika. 2023. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Berdasarkan Objek Langsung Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Objek Langsung Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yaitu rendahnya hasil ujian nasional (UN) Matematika tingkat SMP selama beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV di kelas VIII berdasarkan objek langsung matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik gabungan/triangulasi, yang meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan objek langsung matematika yang dilakukan peserta didik yaitu sebesar 86.1% dan termasuk pada kategori sangat tinggi, meliputi kesalahan fakta sebesar 82%, kesalahan konsep sebesar 76.7%, kesalahan prinsip sebesar 92%, dan kesalahan keterampilan sebesar 93.6%. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yaitu: kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi SPLDV maupun materi lain yang terkait dalam menyelesaikan soal SPLDV, kurangnya fokus dan ketelitian dalam menyelesaikan soal, serta kurang memahami maksud dari soal SPLDV yang disajikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Objek Langsung Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) |
Subjects: | Matematika > Analisis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Jun 2023 00:40 |
Last Modified: | 03 Jun 2023 04:50 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25638 |
Actions (login required)
View Item |