PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMILIK KENDARAAN DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA KENDARAAN MOBIL DI ADHI RENT A CAR (ADRC) PALEMBANG

M Naufal Faruhi, NIM. 502019134 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMILIK KENDARAAN DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA KENDARAAN MOBIL DI ADHI RENT A CAR (ADRC) PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019134_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019134_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
502019134_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
502019134_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
502019134_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
502019134_cover_sampai_terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMILIK KENDARAAN DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA KENDARAAN MOBIL DI ADHI RENT A CAR (ADRC) PALEMBANG M NAUFAL FARUHI Dalam hal sewa menyewa kendaraan rent a car itu diperlukan adanya suatu perjanjian sewa menyewa terlebih dahulu yang telah disepakati antara kedua belah pihak yaitu pihak menyewa dan yang menyewakan. Perjanjian tersebut dibuat tanpa adanya suatu paksaan dari pihak lain, tetapi secara sukarela oleh para pihak. Permasalahan dalam tulisan ini untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi pemilik kendaraan dalam perjanjian sewa menyewa kendaraan mobil di adhi rent a car Palembang dan bagaimana upaya hukum yang dapat di tempuh oleh pemilik kendaraan apabila di rugikan oleh pihak penyewa. Penelitian ini bersifat Normatif-Empiris, dengan menggunakan data primer. Jenis penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris, yang bersifat deskriptif ialah penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Perlindungan hukum bagi pihak rental terdapat pada Pasal 6 angka 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang mengatakan bahwa “Hak untuk mendapat perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik”. Sehingga pemilik rental mobil dilindungi hak nya dari segala perilaku penyewa yang dapat menyebabkan kerugian. Upaya hukum dalam penyelesaian sengketa yang digunakan adalah dengan mekanisme mediasi dan negosiasi dengan pihak penyewa yang telah meminta maaf dengan mengembalikan uang yang disepakati kedua belah pihak. Kata Kunci : Perjanjian, Sewa Menyewa, Mobil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Mulyadi Tanzili, S.H., M.H. 2. Mona Wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perjanjian, Sewa Menyewa, Mobil.
Subjects: Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 Jun 2023 01:30
Last Modified: 02 Jun 2023 01:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25609

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.