Venny ulfa utari, Nim 412018014 (2023) STUDI PERBANDINGAN KUALITAS JERUK GERGA DI KELURAHAN AGUNG LAWANGAN KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah palembang.
|
Text
412018014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf Download (897kB) | Preview |
|
Text
412018014_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
Text
412018014_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
412018014_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
412018014_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
Text
412018014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
412018014_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
412018014_cover_sampai_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi perbandingan kualitas jeruk gerga di Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan juni sampai agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, sedangkan metode penarikan contoh yang di gunakan peneliti adalah (purposive sampling). Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang membedakan kualitas buah jeruk gerga pada varietas buah jeruk gerga yang sama adalah cara merawat tanaman jeruk tersebut. Hal yang harus di perhatikan ialah pemberian air pada tanaman dengan tepat, pemberian pupuk dan pestisida dengan dosis dan jadwal yang tepat dan teratur, sigap dan cepat dalam pembasmian hama, penyakit dan serangga, jarak tanam antar pohon minimal jarak 4x4m – 6x6m per pohon, pembersihan gulma, pemangkasan ranting pohon dan pemangkasan buah. Diketahui bahwa saluran pemasaran pada produksi buah jeruk gerga ini terdapat 3 pola yaitu pertama : podusen – konsumen, kedua : produsen – pedagang pengecer – konsumen, ketiga : produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen. Dan hasil yang terakhir dalam penelitian ini menunjukan bahwa marjin pemasaran dan keuntungan pemasaran adalah Saluran pemasaran II mendapatkan margin pemasaran pada pedagang pengecer sebesar Rp 3.000/kg dan mendapatkan keuntungan Rp 2.000/Kg. Saluran pemasaran III mendapatkan margin pemasaran sebesar Rp 5.000/Kg keuntungan pemasaran sebesar Rp3.000/Kg. Kata kunci : perbandingan, harga, tanaman jeruk gerga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ir. Rafeah Abubakar M.Si 2. Puri Pratami Ardina Ningrum S.P, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan, harga, tanaman jeruk gerga |
Subjects: | Agribisnis > Budidaya Tanaman Agribisnis > pemasaran pertanian |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Pertanian |
Date Deposited: | 31 May 2023 01:30 |
Last Modified: | 31 May 2023 01:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25566 |
Actions (login required)
View Item |