ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PALEMBANG

FRISKA FRISILIA, NIM. 342018001 (2023) ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342018001_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
342018001_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
342018001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
342018001_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
342018001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
342018001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
342018001_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini dilatarbelakangi oleh kesederhanaan bahan ajar sebagai pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung, LKPD yang digunakan guru hanya berisikan soal-soal terkait materi yang dipelajari tanpa menerapkan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, dan kepraktisan oleh respon peserta didik terhadap bahan ajar LKPD berbasis model Problem-Based Learning pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI di SMA Negeri 4 Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Development Reseach) yang mengacu pada model 4D (Four-D), menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahapan model 4D terdiri dari (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Development karena hanya ingin melihat sampai tahap kelayakan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang peserta didik, 2 pengguna, dan 3 validator dosen ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli bahasa, ahli bahan ajar, ahli materi, validasi pengguna, lembar angket kepraktisan oleh respon peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan kepraktisan respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar LKPD berbasis model Problem-Based Learning. Hasil penelitian oleh ahli bahasa diperoleh total skor 63 kategori sangat layak, ahli bahan ajar diperoleh total skor 90 kategori cukup layak, ahli materi diperoleh total skor 135 kategori sangat layak, pengguna (guru) diperoleh total skor 121 kategori sangat layak, dan hasil kepraktisan oleh respon peserta didik diperoleh total skor 69 kategori sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model Problem-Based Learning pada materi struktur dan fungsi sel yang dikembangkan sudah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dan dapat dilanjutkan ketahap berikutnya yaitu tahap Disseminate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Hj. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, LKPD, Problem- Based Learning, Srtuktur dan Fungsi Sel
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 May 2023 01:17
Last Modified: 29 May 2023 01:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25538

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.