PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR BERDASARKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PAGAR ALAM SELAMA PANDEMI COVID-19

Bellah Septia Anggraini, 342018032 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR BERDASARKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PAGAR ALAM SELAMA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018032_BAB_I_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[img] Text
342018032_BAB_II[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
342018032_BAB_II[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
342018032_BAB_III[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
342018032_BAB_IV[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342018032_BAB_V[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
342018032_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
342018032_LAMPIRAN[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
342018032_Cover_Sampai_Lampiran[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Peran orang tua dalam pendampingan orang tua dapat membantu dalam meningkatkan rasa kepercayaan anak dalam pembelajaran di rumah, selain itu juga dapat meningkatkan interaksi antar orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran orang tua dalam pendampingan belajar berdasarkan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah Pagar Alam selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakanjenis penelitian ini adalah fenomenologi, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini,adalah: sumber data primer yaitu lembar wawancara dan sumber data sekunder yaitu hasil dokumentasi berupa hasil ulangan harian, daftar nama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator tertinggi yaitu fasilitator yang menyediakan sarana dan prasarana belajar anak. Orang tua siswa SMP Muhammadiyah Pagar Alam secara keseluruhan telah memenuhi fasilitas pembelajaran seperti android, kuota internet, buku pelajaran. Sedangkan indikator terendah yaitu mengawasi kegiatan belajar (memantau) dengan indikator orang tua mengetahui perkembangan belajar anak. Pada hasil ulangan harian siswa SMP Muhammadiyah telah mencapai nilai KKM pada mata pelajaran IPA pada kelas VII.6 yang mencapai KKM ada sebanyak 18 orang (82%) dan kelas VII.7 ada sebanyak 21 orang (95%). Dapat disimpulkan bahwa walaupun orang tua kurang mengawasi kegiatan belajar anak namun mereka memberikan fasilitas yang lengkap sehingga hasil belajar anak tetap baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Yetty Hastiana, M.Si. 2. Dr. Wulandari Saputri, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendampingan Belajar, Hasil Belajar IPA, Pandemi Covid-19
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 May 2023 06:40
Last Modified: 24 May 2023 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.