ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI METABOLISME KELAS XII IPA SMA NEGERI 4 PALEMBANG

SYAKILA DWI YASINTHA, NIM. 342018002 (2023) ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI METABOLISME KELAS XII IPA SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018002_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342018002_BAB II..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
342018002_BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
342018002_BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
342018002_BAB V..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
342018002_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
342018002_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
342018002_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Pada hasil analisis kebutuhan awal yang dilakukan, proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Palembang meggunakan bahan ajar LKPD yang sangat sederhana, LKPD yang digunakan pembelajaran hanya berisikan soal-soal terkait materi yang dipelajari tanpa menerapkan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran Problem-Based Learning pada materi metabolisme Kelas XII IPA SMAN 4 Palembang, (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran Problem-Based Learning Pada materi metabolisme kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palembang berdasarkan respon peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Development Reseach) yang mengacu pada model 4D (Four-D), menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahapan model 4D terdiri dari (1) Define, (2) Design, (3) Development dan (4) Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Development karena hanya ingin melihat sampai tahap kelayakan dan kepraktisan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang peserta didik, 2 pengguna dan 3 validator dosen ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli bahasa, ahli bahan ajar, ahli materi, lembar angket kepraktisan pengguna (guru) dan lembar angket kepraktisan oleh respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan ahli validator, uji kepraktisan pengguna dan respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar LKPD berbasis model Problem-Based Learning yang dilengkapi dengan landasan teori dan panduan praktikum. Hasil penelitian oleh ahli bahasa diperoleh total skor 66 kategori sangat layak, ahli bahan ajar diperoleh total skor 110 kategori sangat layak, ahli materi diperoleh total skor 144 kategori sangat layak, pengguna (guru) diperoleh total skor 144 kategori sangat praktis, dan hasil kepraktisan oleh respon peserta didik diperoleh total skor 68 kategori sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model Problem-Based Learning pada materi metabolisme yang dikembangkan sudah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dan dapat dilanjutkan ketahap berikutnya yaitu tahap Disseminate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Hj. Ade Kartika, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: bahan ajar, LKPD, Prolem-Based Learning dan metabolisme.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 May 2023 00:44
Last Modified: 24 May 2023 00:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.