Ismi Patonah Hanif, NIM. 622019001 (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MENURUT KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin MUBA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622019001_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622019001_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
Text
622019001_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622019001_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
||
Text
622019001_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
||
Text
622019001_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622019001_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pembentukan Karakter Siswa Menurut Kitab Ta’limul Muta’allim (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin MUBA” ditulis oleh Ismi Patonah Hanif, NIM: 622019001, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr, Sayid Habiburrahman, M.Pd.I dan pembimbing skripsi II adalah Dr. H. Muhammad Zainuddin Nawi, Lc., M.A. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana kondisi karakter santri di Pondok Pesantren Assalam? (2) Bagaimana persepsi guru terhadap pendidikan karakter menurut Kitab Ta’limul Muta’allim? (3) Bagaimana upaya pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin MUBA? Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif. Adapun Teknik analisa data yang dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, konsep pembentukan karakter menurut Kitab Ta’limul Muta’allim yaitu usaha dan kegiatan pembinaan siswa secara sadar dan terarah kepada nilai kebaikan dan kebenaran sesuai dengan ajaran agama Islam. Kedua kondisi karakter siswa di Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin MUBA yaitu terdapat karakter baik dan karakter buruk. Karakter yang baik seperti disiplin, tegas, jujur dan amanah, berani, menjaga nama baik sekolah, taat peraturan dan tidak sombong. Adapun karakter yang buruk seperti tidak disiplin, ceroboh, angkuh, melawan guru, tidak sopan, malas, berkata kasar dan merebut hak orang lain. Ketiga, Upaya pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin MUBA yaitu salah satunya dengan melakukan interaksi personal dua arah secara intensif, membuat kelompok mentoring dan menggunakan perangkat raport akhlak dan kedisiplinan untuk memantau perubahan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I. 2. Dr. H. Muhammad Zainuddin, Lc., M.A |
Uncontrolled Keywords: | Karakter dan Kitab Ta’limul Muta’allim |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 24 May 2023 00:49 |
Last Modified: | 24 May 2023 00:49 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25438 |
Actions (login required)
View Item |