KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NASYRIL ISLAM PALEMBANG

Epy Mega Saputri, NIM. 622019020 (2023) KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NASYRIL ISLAM PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622019020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
622019020_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
622019020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
622019020_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
622019020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
622019020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
622019020_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kinerja Guru Pendidikan Islam di MTs Nasyri Islam Palembang” iniditulisolehEpy Mega Saputri NIM: 622019020, Sebagaipembimbingskirpsi I adalah Mustofa,S.Ag.,M.Pd.Idanpembimbingskripsi II adalahRinaDwi Wulandari,S.E.,M.SiPadatahun 2022 Rumusanmasalahpenelitianini, sebagaiberikutpertama, Bagaimana Kinerja GuruPendidikan Agama Islam di MTs Nasyril Islam Palembang?.Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Nasyril Islam Palembang?.Tujuan penelitian ini adalahUntuk mengetahui kinerja Guru pendidikan agama Islam, dan faktor pendukung dan penghambat kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Nasyril Islam Palembang. Kinerja guru (performance teacher) berkaitan erat dengan kompetensi guru. Artinya, untuk menunjukkan kinerja yang baik, guru harus memiliki kompetensi yang baik pula. Semakin baik kompetensi yang dimiliki guru, semakin baik pula efektif kinerjanya.Namun tanpa adanya kinerja guru, maka hal tersebut tidak akan tercapai. Efektivitas kinerja guru adalah kemampuan untuk memilih tujuannya tepat atau peralatan-peralatan untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Terutama dalam bidang Pendidikan Agama Islam karena guru dituntut untuk mengembangan potensi siswa dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengararahan, atau latihan yang dilaksanakan melalui mata pelajaran atau kuliah pada semua jenjang pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta membentuk sikap, kepribadian manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga keterampilan dan kemampuan peserta didik dalam menyikapi nilai-nilai agama, serta untuk mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang dapat menjalankan dan mengamalkan ajaran agamanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, Kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Nasyril Islam sudah baik, Hal ini terbukti Seluruh guru Pendidikan Agama Islam sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran keduanya menyusun RPP, PROTA, PROSEM, Kalender Pendidikan, KKM dan Hasil Evaluasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Kedua, Faktor pendukung kinerja guru PAI yaitu, kurikulum, sarana prasarana dan kompetensi keguruan.Adapun faktor penghambat kinerja guru PAI di MTs Nasyril Islam Palembang, faktor penghambat kinerja guru PAI ialah minimnya alat peraga dan keterbatasannya ruang laboratorium dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: kinerja guru, guru dan pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mustofa, S.Ag., M. Pd. I 2. Rina Dwi Wulandari, S. E., M. Si
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, guru dan pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Metodelogi
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 23 May 2023 04:24
Last Modified: 23 May 2023 04:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.