EFEKTIVITAS DANA ZAKAT, INFAQ DAN SADAQAH PADA PROGRAM BEASISWA MENTARI DI LAZISMU KOTA PALEMBANG

NAWANG SARI, NIM. 642019001 (2023) EFEKTIVITAS DANA ZAKAT, INFAQ DAN SADAQAH PADA PROGRAM BEASISWA MENTARI DI LAZISMU KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642019001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642019001_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
642019001_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
642019001_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
642019001_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
642019001_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
642019001_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
642019001_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nawang Sari, NIM 642019001, skripsi yang berjudul " Efektivitas Dana Zakat, Infaq dan Sadaqah Pada Program Beasiswa Mentari di Lazismu Kota Palembang" Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1)Bagaimana Efektivitas pada ZIS Program Beasiswa Mentari di Lazismu kota Palembang. (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat Dalam Program Beasiswa Mentari Di Lazismu Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dana zakat pada program beasiswa Mentari serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengelolaanya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Implementasi ZIS kepada program beasiswa Mentari sangatlah memliki pengaruh yang sangat signifikan untuk mustahik, disini LAZISMU kota Palembang sebagai lembaga amil zakat berhasil membantu para mustahik sehingga mustahik sangat terbantu dengan adanya program beasiswa Mentari dan juga mengurangi beban biaya sekolah. Namun bila dilihat dari tujuan sasarannya yang merupakan siswa SD/SMP/SMA/SMK nampaknya belum bisa dikatakan tercapai sepenuhnya, sebab untuk pendidikan tingkat SD dan SMP Program ini belum efektif. Hal ini dikarenakan setoran wajib infak siswa belum berjalan lancar. Kedua,Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam program ini, faktor pendukung yang menjadi andil besar yaitu dukungan dan kerjasama dari kepala sekolah, dimana kepala sekolah membuat kerjasama dengan memasukkan dana ZIS LAZISMU kota Palembang yang berasal dari siswa tersebut kedalam Rencana Keuangan Sekolah (RKaS). Faktor pendukung lainnya berasal dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) yang mengontrol dan menejemen dana beasiswa Mentari yang wajib disetorkan oleh siswa disekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat yang perlu di selesaikan permasalahannya yaitu dana ZIS program beasiswa mentari masih banyak di sekolah-sekolah yang siswanya sedikit terpakai untuk kebutuhan operasional sekolah. Kata Kunci: Efektivitas, Dana ZIS, Beasiswa Mentari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum 2.Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Dana ZIS, Beasiswa Mentari
Subjects: Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Manajemen > hubungan masyarakat
Manajemen > organisasi dan keuangan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2023 23:58
Last Modified: 22 May 2023 23:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25391

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.