Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Kecamatan Plaju

Yolanda Okta Mira Bella, NIM. 642019018 (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Kecamatan Plaju. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642019018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[img] Text
642019018_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
642019018_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
642019018_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
642019018_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
642019018_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
642019018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
642019018_caver_sampai_terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yolanda Okta Mira Bella, NIM 642019018, Skripsi yang berjudul “Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Kecamatan Plaju”. Etika bisnis merupakan norma-norma etika yang dilandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits yang dijadikan pendoman oleh siapapun hendak melakukan bisnis yang di dalamnya terdapat prinsip-prinsip moralitas etika bisnis merupakan norma-norma etika yang dilandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits yang dijadikan pendoman oleh siapapun hendak melakukan bisnis yang di dalamnya terdapat prinsip-prinsip moralitas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan praktik jual beli di pasar tradisional Kecamatan plaju dan menganalisis etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni penelitian yang menggambarkan fenomena yang terjadi secara deskritif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli para pedagang di pasar tradisional Kecamatan Plaju berjalan secara umum, Implementasi etika bisnis Islam dalam melakukan transaksi jual beli oleh para pedagang secara pemahaman masih kurang diterapkan tetapi dalam praktiknya telah menerapkan etika tersebut, seperti menjual produk yang halal dan baik, menawarkan barang dengan sikap ramah tamah dan jujur pada proses transaksinya pedagang akan bertanggung jawab terhadap barang yang dijualnya dan bersikap murah hati. Sedangkan untuk faktor penghambat ialah faktor pendidikan, masih kurang pengetahuan, pemahaman keagamaan dalam melakukan transaksi jual beli. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli, Perilaku Pedagang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Hoirul Amri, M.E. Sy Pembimbing 2 : Rina Dwi Wulandari, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli, Perilaku Pedagang
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 May 2023 00:54
Last Modified: 22 May 2023 00:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25325

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.