Anita, NIM. 622019056 (2023) PERANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019056_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (620kB) | Preview |
|
Text
622019056_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
622019056_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
622019056_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
622019056_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
622019056_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text
622019056_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622019056_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peranan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Palembang” ini ditulis oleh Anita, Nim: 622019056, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Ani Aryati, S.Ag. M.Pd.I dan pembimbing skripsi II adalah Titin Yenni, S.Ag.,M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Palembang. 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peranan bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Palembang. 3 Bagaimana upaya bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran sederhana tentang Peranan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk melengakapi data yang dibutuhkan. Seluruh data yang berkumpul selanjutnya di olah dan di analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sudah menuai hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan timbulnya semangat belajar pada siswa, mampu merubah tingkah laku dan timbulnya pembiasaan pada diri siswa, Karena di SMA Negeri 15 Palembang adanya pembiasaan untuk siswa contohnya tadarus Al-Qur’an setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai, Sholat zuhur berjama’ah dan membaca surat yasin bersama dihalaman sekolah, dengan adanya pembiasaan yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kata Kunci: Peranan Bimbingan Konseling
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag.,M.Pd.I 2. Titin Yenni, S.Ag.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Peranan Bimbingan Konseling |
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 17 May 2023 01:16 |
Last Modified: | 17 May 2023 01:16 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25263 |
Actions (login required)
View Item |