PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

INTAN SAKARIA, NIM. 622019058 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019058_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622019058_BAB II...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
622019058_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
622019058_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
622019058_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
622019058_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
622019058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
622019058_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG Intan Sakaria Fakultas Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kelemahan dalam proses pembelajaran yaitu suasana pembelajaran yang pasif dan seringkali dianggap kurang menarik bagi peserta didik, Sebenarnya bukan karena materi yang tidak penting, tetapi kurang menariknya cara penyampaian materi agama Islam oleh guru. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia, Faktor pendukung dan penghambat serta Bagaimana efektivitas penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil peneltian menunjukan bahwa Penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Palembang sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan penyediaan sarana prasarana. Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Palembang antara lain: Tersedianya koneksi internet (WIFI), tersedianya fasilitas meliputi LCD proyektor, speaker mini, stop kontak dan laptop serta alat peraga, keadaan ruang kelas yang baik dan fasilitas di dalam kelas yang memadai, dan kemampuan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Palembang yang cepat memahami penggunaan pembelajaran multimedia. Faktor penghambat penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Palembang antara lain kurangnya keterampilan dan kreativitas guru dalam mendesain materi pembelajaran berbasis multimedia dan Listrik sering padam serta rusaknya hardware. Efektivitas penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Palembang telah dikatakan efektif. Hal Ini dapat dilihat dari dampak penerapannya yang dapat meningkatkan sikap dan kemauan belajar siswa, dapat meningkatkan pemahaman siswa, dapat meningkatkan aktivitas dan ketekunan siswa, memberikan kesempatan belajar secara mandiri serta dapat meningkatkan hasil nilai akhir siswa melalui evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Berbasis Multimedia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Yuniar Handayani, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Berbasis Multimedia
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 May 2023 02:26
Last Modified: 11 May 2023 02:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.