Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Di SMA Negeri 4 Talang Ubi

Rumiatun Avdila, NIM. 322019006 (2023) Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Di SMA Negeri 4 Talang Ubi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322019006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview
[img] Text
322019006_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
322019006_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
322019006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
322019006_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
322019006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
322019006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
322019006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Talang Ubi yang beralamat di Desa Talang Akar Kec. Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, 31211. Kepala sekolah sebagai manajer pada hakikatnya adalah seorang perencana, pemimpin, organisator, dan seorang pengendali. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer di SMA Negeri 4 Talang Ubi. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer di SMA Negeri 4 Talang Ubi. Yang menjadi Subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru yang ada di SMA Negeri 4 Talang Ubi, Dalam penelitian ini untuk Pengambilan sampel Menurut Arikunto jika subyek kurang dari 100 orang maka tidak perlu dilakukan penarikan sempel Maka jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 guru Metode Yang digunakan adalah Kualitatif,. Kesimpulan Dari hasil Wawancara kepada Wakil Kepala Sekolah Sebagai Manajer di SMA Negeri 4 Talang Ubi dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah sebagai Manajer, bisa membuat perencanaan, mengatur proses belajar mengajar dan melakukan evaluasi berdasarkan masukan-masukan dari guru dan mengambil keputusan berdasarkan hasil rapat yang telah disepakati. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil wawancara dan angket Kepala Sekolah Sebagai Manajer, bisa membuat perencanaan, mengatur proses belajar mengajar dan selalu melakukan evaluasi berdasarkan temuan-temuan dan mengambil keputusan berdasarkan hasil rapat yang telah disepakati. Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil angket bahwasanya persepsi guru terhadap peran kepala sekolah sebagai manajer, dengan persentase sebesar 96,8%, Bahwa Peran Kepala Sekolah Sebagai manajer di SMA Negeri 4 Talang Ubi termasuk dalam kategori Sangat Baik. Saran Bagi Sekolah dalam melaksanakan pembelajaran (RPP) Kepala Sekolah harus bisa memotivasi guru-guru agar menumbuhkan rasa memiliki sekolah agar proses pembelajaran disekolah dan hasilnya dapat mencapai tujuan dari pendidikan. Bagi Guru agar menjadi lebih aktif dan bisa menumbuhkan rasa memiliki sekolah dan mempunyai tangung jawab dalam membantu segalah urusan yang berkaitan tentang sekolah. Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan bisa menjadi acuan tentang peran kepala sekolah sebagai manajer di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Herman Seri, M.Pd. Pembimbing 2 : Dra. Rytha Petrossky, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Manajer
Subjects: Administrasi Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 May 2023 05:36
Last Modified: 11 May 2023 05:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24985

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.