STUDI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENYULUH PERTANIAN DENGAN ANGGOTA KELOMPOK TANI JATI ASIH DI DESA JATISARI KECAMATAN KARANG AGUNG ILIR KABUPATEN BANYUASIN

SITI KOMARIAH, NIM. 412019055 (2023) STUDI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENYULUH PERTANIAN DENGAN ANGGOTA KELOMPOK TANI JATI ASIH DI DESA JATISARI KECAMATAN KARANG AGUNG ILIR KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019055_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img] Text
412019055_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
412019055_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
412019055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
412019055_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
412019055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
412019055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019055_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SITI KOMARIAH. Studi Komunikasi Interpersonal Penyuluh Pertanian Dengan Anggota Kelompok Tani Jati Asih Di Desa Jatisari Kecamatan Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin (dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA DAN PURI PRATAMI ARDINA NINGRUM). Penelitian ini dilaksanakan untuk mempelajari proses komunikasi interpersonal yang dilakukan penyuluh pertanian dengan anggota kelompok Tani Jati Asih dan untuk mengetahui hambatan komunikasi interpersonal dalam penyampaian penyuluhan pertanian di Desa Jatisari. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jatisari Kecamatan Karang Agung Ilir Kabupaten Banyuasin pada bulan Januari sampai Februari 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara sengaja (purposive sampling), dimana dalam penelitian ini terdapat 2 informan yaitu informan kunci adalah penyuluh pertanian dan informan pendukung adalah ketua Kelompok Tani Jati Asih dan petani di Desa Jatisari. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi kepada informan yang telah ditentukan dalam penelitian ini. Metode pengolahan data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menggambarkan dan menarik kesimpulan, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses komunikasi interpersonal yang dilakukan penyuluh pertanian dengan anggota Kelompok Tani Jati Asih disampaikan secara forum dengan batasan jumlah anggota kelompok tani dengan menggunakan proses komunikasi interpersonal secara langsung dimana pengiriman pesan yang dilakukan penyuluh sebagai komunikator dengan cara tatap muka. Selain itu feedback atau umpan balik dalam berkomunikasi dapat terjadi secara langsung juga. Sedangkan, hambatan komunikasi interpersonal dalam penyampaian penyuluhan pertanian di Desa Jatisari adalah hambatan berupa Bahasa yang mengakibatkan terjadinya perbedaan pendapat atau ide-ide baru antara penyuluh dengan petani, serta kurangnya partisipasi dari anggota Kelompok Tani JatiAsih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sisvaberti Afriyatna, S.P.,M.Si 2. Puri Pratami AN, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Penyuluh Pertanian
Subjects: Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 10 May 2023 02:36
Last Modified: 10 May 2023 02:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24954

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.