PENILAIAN KINERJA GURU PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 03 PALEMBANG

Rita Yuliani, NIM. 622019051 (2023) PENILAIAN KINERJA GURU PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 03 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019051_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
622019051_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
622019051_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
622019051_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
622019051_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
622019051_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
622019051_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622019051_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rita Yuliani, 622019051. Skripsi Dengan Judul: Penilaian Kinerja Guru Profesional Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 03 Palembang. Penilaian kinerja guru merupakan unsur penting dalam pengelolaan sumber daya manusia di sekolah. Penilaian kinerja menjadi unsur utama dalam menevaluasi kinerja persenal di setiap organisasi. Dengan demikian, peran penilaian kinerja guru menjadi salah satu hal yang paling mendasar dalam perbaikan kualitas guru menuju guru yang profesional. Guru yang profesional mempunyai tiga tugas pokok meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mnengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pnilaian kinerhja guru profesional di SMK Muhammadiyah 03 Palembang, (2) Apa saja faktor pendukung an penghambat dalam pelaksanaan kinerja guru profesional dipotensi akademiknya, (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kinerja melalui penilaian kinerja guru di SMK Muhammadiyah 03 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil peneltian menunjukan bahwa penilaian kinerja guru profesional di SMK Muhammadiyah 03 Palembang sudah cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan aspek penilaian. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kinerja guru profesional di SMK Muhammadiyah 03 Palembang antara lain: tekad dan kemauan dari guru itu sendiri, apakah bisa meningkatkan kinerjanya atau malah sebaliknya, selain itu juga perangkat pembelajaran, administrasi pembelajaran serta pemahaman guru tentang materi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kinerja guru profesional di SMK Muhammadiyah 03 Palembang yang paling berpengaruh adalah bagaimana cara mengatur schedule agar tidak tumpang tindih ketika tidak sinkron dengan jadwalnya. Selanjutnya upaya guru dalam meningkatkan kinerja melalui penilaian kinerja guru di SMK Muhammadiyah 03 Palembang yaitu salah satunya dengan mengikuti diklat baik secara online maupun offline karena hal itu dapat mempengaruhi kemampuan guru itu sendiri, dan upaya kepala sekolah SMK Muhammadiyah 03 Palembang dalam mendukung penilaian kinerja guru profesional adalah dengan cara melakukan penilaian terhadap guru tersebut. Kata Kunci: Penilaian Kinerja Guru Profesional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.P.I 2. Dr. Saipuddin Zahri, S.H. M.H
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja Guru Profesional
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 May 2023 01:32
Last Modified: 06 May 2023 01:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24741

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.