KEDOKTERAN KELUARGA SEBAGAI MATERI KURIKULUM UNGGULAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

PRESTIQUE FIDA PURI, NIM. 702019006 (2023) KEDOKTERAN KELUARGA SEBAGAI MATERI KURIKULUM UNGGULAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702019006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
702019006_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
702019006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
702019006_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
702019006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
702019006_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
702019006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
702019006_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Materi kurikulum unggulan merupakan materi yang seharusnya ada pada suatu lembaga pendidikan kedokteran (maksimal 20%) disesuaikan dengan visi, misi, dan kondisi lokal, serta kekhasan setiap lembaga pendidikan tersebut. Materi kurikulum unggulan di FK UM Palembang adalah kedokteran keluarga, yaitu pelayanan kesehatan secara holistik dan komprehensif kepada pasien, keluarga, dan lingkungannya. Implementasi materi kurikulum unggulan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor mahasiswa, staf pengajar, lingkungan, dan institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi kedokteran keluarga sebagai materi kurikulum unggulan di FK UM Palembang dari sudut pandang mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa wawancara mendalam (indepth interview). Sampel penelitian ini didapatkan melalui metode purposive sampling dengan informan berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 mahasiswa Program Studi Kedokteran dan 6 mahasiswa Program Studi Profesi Dokter, serta masing-masing perwakilan satu orang Sekretaris Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa sebagian besar informan menyatakan bahwa implementasi materi kurikulum unggulan kedokteran keluarga di FK UM Palembang sudah baik dan dilakukan secara integrasi pada hampir setiap blok melalui metode TPP dan pada blok Kedokteran Keluarga dengan metode LKK, tutorial, materi kuliah, serta diaplikasikan pada salah satu departemen klinis Ilmu Kedokteran Keluarga. Masih ada beberapa informan yang belum mengetahui bahwa kedokteran keluarga merupakan kurikulum unggulan di FK UM Palembang. Salah satu tantangan yang disampaikan oleh informan berupa belum adanya staf pengajar dengan keilmuan khusus terkait kedokteran keluarga. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa materi kurikulum unggulan kedokteran keluarga telah terimplementasi dengan baik, namun perlu lebih disosialisasikan kepada mahasiswa serta pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : dr. Putri Zalika Laila Mardiah Kesuma, M.Pd.Ked Pembimbing 2 : dr. Rury Tiara Oktariza, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kurikulum Unggulan, Materi Kedokteran Keluarga, Pendidikan Kedokteran, Pengembangan Kurikulum.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 08 Feb 2023 00:08
Last Modified: 08 Feb 2023 00:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.