HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN, STATUS NUTRISI, DAN PENYAKIT PENYERTA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI HARAPAN KITA PALEMBANG

NAJLA AQILA FARADIVA, NIM. 702019071 (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN, STATUS NUTRISI, DAN PENYAKIT PENYERTA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI HARAPAN KITA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
702019071_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
702019071_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
702019071_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
702019071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
702019071_BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text
702019071_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702019071_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas hidup merupakan suatu keinginan seseorang dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan budaya dan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan tempat seseorang dan membandingkan hidupnya dengan tujuan, harapan, standar dan tujuan yang telah ditetapkan seseorang untuk dirinya sendiri. Kualitas hidup dapat dipengaruhi beberapa faktor seperti faktor fisik, faktor sosial, faktor psikologis dan faktor lingkungan. Fakto fisik pada lansia dapat mempengaruhi status nutrisi dan penyakit yang menyertai lansia. Faktor psikologis dapat mempengaruhi tingkat kecemasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan, status nutrisi, dan penyakit penyerta dengan kualitas hidup lansia di Panti Sosial Lanjut Usia (PSLU) Harapan Kita Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional dengan menggunakan data primer dan data sekunder dari PSLU Harapan Kita Palembang dengan besar sampel sebanyak 35 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Sampel penelitian ini diambil dengan cara total sampling. Hasil uji statistik didapatkan p sebesar 1,000 (p >0,05) menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan kualitas hidup lansia. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan nilai p sebesar 0,149 (p >0,05) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara status nutrisi dengan kualitas hidup lansia. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan nilai p sebesar 0,012 (p< 0,05), hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara penyakit penyerta dengan kualitas hidup lansia. Semakin tingi penyakit yang menyertai pada lansia dapat mempengaruhi kualitas hidup lansia. Dapat disimpulkan bahwa penyakit penyerta menjadi faktor yang berpengaruh pada lansia sehingga perlu perhatian khusus terhadap kesehatan lansia agar dapat meningkatkan kualitas hidup lansia. Kata kunci : kualitas hidup, kecemasan, status nutrisi dan penyakit penyerta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Yesi Astri, Sp.N.,M.Kes (Pembimbing I) 2.dr. Putri Zalika Laila Mardiah Kesuma, M.Pd.Ked., (Pembimbing II)
Uncontrolled Keywords: kualitas hidup, kecemasan, status nutrisi dan penyakit penyerta
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:34
Last Modified: 07 Feb 2023 04:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.