Ria Masmita, NIM. 352018011 (2022) Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Tahun 1994-2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
352018011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (977kB) | Preview |
|
Text
352018011_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
||
Text
352018011_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
352018011_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
352018011_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
352018011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
352018011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
352018011_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ria Masmita. 2022. Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Tahun 1994-2021. Program Sarjana (S1). Fakulas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dra. Fatmah, M.Hum. (2) Dr. Apriana, M.Hum. Kata Kunci:Kurikulum, Pendidikan, Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor, Banyuasin Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis sebagai alumni Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor tahun 2018 mengenai perkembangan Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor Tahun 1994-2021. Rumusan Masalah: (1) Apa yang melatarbelakangi berdirinya Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor tahun 1994? (2) Bagaimana perkembangan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor tahun 1994? (3) Bagaimana dampak perkembangan kurikulum Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor bagi sistem pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor?. Metode yang penulis gunakan yaitu metode sejarah/historis dengan Jenis Penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan Pendekatan geografi, sosiologi, pendidikan, historis dan agama.Teknik Pengumpulan Datayang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa Data yang penulis gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi.Kesimpulan (1) Latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor tahun 1994 dikarenakan K.H. Edy Sunari melihat keadaan masyarakat di Desa Tirtaharja yang masih kurang memahami dalam hal keagamaan, masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat setempat dan masih banyak program kristenisasi (2) Perkembangan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor tahun 1994-2021 menggunakan kurikulum MAK, Madrasah Aliyah Jurusan IPA dan IPS, Madrasah Aliyah Jurusan IPA, perpaduan K13 dan KMI, dan KMI (3) Dampak perkembangan kurikulum Pondok Pesantren Daarul Abroor bagi sistem pendidikan Pondok Pesantren Modern Daarul Abrooryaitu dalam kegiatan belajar maupun kegiatan ekstrakulikuler, selain itu dampak bagi masyarakat yaitu dalam bidang agama, pendidikan dan ekonomi.Saran bagi peneliti selanjutnya, dengan membaca seluruh tulisan ini diharapkan agar dapat mengembangkan lagi penelitian di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor karena penulis hanya menitik beratkan penelitian pada perkembangan sistem kurikulum di Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Fatmah, M.Hum 2. Dr. Apriana, M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pendidikan, Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor, Banyuasin |
Subjects: | Sejarah > Tempat-Tempat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:00 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23689 |
Actions (login required)
View Item |