ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SELAMA MASA PANDEMI PADA MATERI EKOLOGI DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

INTAN PERMATA SARI, NIM. 342018006 (2022) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SELAMA MASA PANDEMI PADA MATERI EKOLOGI DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
342018006_BAB lI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
342018006_BAB lII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
342018006_BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
342018006_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
342018006_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
342018006_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
342018006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
342018006_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian analisis keterampilan proses sains ini dilatarbelakangi oleh guru yang dominan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab, guru belum pernah mengukur keterampilan proses sains pada siswa, siswa merasa kesulitan mengikuti kegiatan praktikum dimasa pandemi selain itu guru juga merasa kurangnya respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa selama masa pandemi pada materi ekologi di SMA Negeri 4 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan soal pilihan ganda beralasan. Sampel penelitian seluruh siswa kelas XI IPA dengan jumlah responden 140 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian keterampilan proses sains kelas XI IPA yang didapatkan dengan rata-rata 53,89% dengan kategori sedang, yaitu indikator mengamati sebesar 65,63%, mengelompokkan 60,79%, menafsirkan 56,90%, meramalkan 52,86%, mengajukan pertanyaan 48,81%, berhipotesis 44,17%, menyimpulkan 54,29%, melakukan percobaan 47,50%, menggunakan alat bahan 47,62%, menerapkan konsep 48,57%, dan berkomunikasi 48,21%. Dapat disimpulkan bahwa indikator keterampilan proses sains terkategori tinggi yaitu mengamati dan keterampilan siswa paling rendah yaitu merumuskan hipotesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, pandemi, materi ekologi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Nov 2022 00:26
Last Modified: 23 Nov 2022 00:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.