PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 21 PALEMBANG

AYU SUNDARI, NIM. 342018008 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 21 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342018008_BAB ll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
342018008_BAB lll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
342018008_BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
342018008_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
342018008_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
342018008_DAFTAR PUSTAKA,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
342018008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
342018008_caver_sampai_terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengaruh model pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh fenomena. Pembelajaran selama pandemi dengan waktu pembelajaran yang singkat dimana guru sulit untuk menerapkan praktikum, sulit memilih dan mendesain model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one grup pre test-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII.3 SMP Negeri 21 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen. Data diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji hipotesis (uji-t) diperoleh sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,01 dengan taraf (a) =5% Karena p value ≤ 0,01, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan nilai pengetahuan KPS siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran menggunakan discovery learning berbasis flipped classroom. Berdasarkan penentuan effect size, model discovery learning berbasis flipped classroom memberi pengaruh terhadap keterampilan proses sains sebesar 1,48 > 0,75. Sedangkan dari penentuan indeks omega memberi pengaruh terhadap keterampilan proses sains sebesar 39%. Hal ini tentunya menjadi gambaran adanya faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar diantaranya seperti kemampuan awal, sarana dan prasarana, kemampuan masing-masing ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, flipped classroom, keterampilan proses sains.
Subjects: Biologi
Biologi > Ilmu Hewan
Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Nov 2022 00:27
Last Modified: 23 Nov 2022 00:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23454

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.