AYU SUNDARI, NIM. 342018008 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 21 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
342018008_BAB ll.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
342018008_BAB lll.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
342018008_BAB lV.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
342018008_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
342018008_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
342018008_DAFTAR PUSTAKA,.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
342018008_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
342018008_caver_sampai_terakhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengaruh model pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh fenomena. Pembelajaran selama pandemi dengan waktu pembelajaran yang singkat dimana guru sulit untuk menerapkan praktikum, sulit memilih dan mendesain model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one grup pre test-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII.3 SMP Negeri 21 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen. Data diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji hipotesis (uji-t) diperoleh sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,01 dengan taraf (a) =5% Karena p value ≤ 0,01, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan nilai pengetahuan KPS siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran menggunakan discovery learning berbasis flipped classroom. Berdasarkan penentuan effect size, model discovery learning berbasis flipped classroom memberi pengaruh terhadap keterampilan proses sains sebesar 1,48 > 0,75. Sedangkan dari penentuan indeks omega memberi pengaruh terhadap keterampilan proses sains sebesar 39%. Hal ini tentunya menjadi gambaran adanya faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar diantaranya seperti kemampuan awal, sarana dan prasarana, kemampuan masing-masing ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, flipped classroom, keterampilan proses sains. |
Subjects: | Biologi Biologi > Ilmu Hewan Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 00:27 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 00:27 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23454 |
Actions (login required)
View Item |