Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 8 Palembang Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022

NOVI SAFUTRI, NIM. 342018036 (2022) Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 8 Palembang Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342018036_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
342018036_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
342018036_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
342018036_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
342018036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
342018036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
342018036_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Novi Safutri, 2022. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajarn Biologi di SMA Muhammadiyah 8 Palembang Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Wulandari Saputri, M.Pd., (II) Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar & Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini tengah mengalami tantangan sebagai dampak mewabahnya Covid-19 yang dimana terdapat perubahan gaya belajar serta aktivitas belajar peserta didik yang berbeda dimulai sejak awal maret 2020. Adanya penerapan perubahan gaya belajar serta aktivitas pembelajaran tentunya berpengaruh terhadap motivasi belajar para peserta didik. Dalam proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan di sekolah, banyak sekali dipengaruhi beberapa faktor yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik, semangat maupun motivasi untuk belajar yang dimiliki oleh seorang individu. Besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar dipengaruhi oleh faktor di luar motivasi belajar. Salah satu masalah peserta didik yaitu sulit untuk memahami mata pelajaran biologi dan membosankan karena sifatnya yang abstrak. Hal ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa karena semakin tinggi motivasi yang ada dalam diri peserta didik maka akan mendorong peserta didik untuk lebih giat dalam belajarnya dan akan membuat hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi selama masa pandemi covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA (X IPA 1 dan X IPA 2). Teknik pengampilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi belajar peserta didik secara keseluruhan per-peserta didik dan per-indikator motivasi belajar memiliki kriteria motivasi belajar tinggi. Sedangkan hasil belajar kognitif peserta didik secara keseluruhan kelas X IPA (X IPA 1 dan X IPA 2) memiliki persentase ketuntasan belajar sebesar 63% dengan kategori sedang/cukup baik. Hal ini berarti Motivasi belajar peserta didik tergolong tinggi, sedangkan hasil belajar tergolong sedang/cukup baik. Hal ini karena selama kondisi pandemi peserta didik ada keinginan dan motivasi yang tinggi dalam dirinya untuk belajar. Akan tetapi selain motivasi belajar yang tinggi beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik harus diperhatikan baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.Wulandari Saputri,M.Pd 2. Sapta Handaiyani,S.Pd.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi Belajar & Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:18
Last Modified: 16 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.