Tarisyah, NIM.342018016 (2022) PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATERI BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
342018016_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
342018016_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
342018016_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
||
Text
342018016_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
342018016_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
Text
342018016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
342018016_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Munculnya covid-19 di Indonesia hampir seluruh sektor kehidupan terkena dampaknya termasuk dunia pendidikan, yang banyak dirasakan oleh berbagai tingkatan pendidikan baik pendidikan tinggi sampai dengan pendidikan dasar, dengan adanya wabah ini, sekolah dialihkan menjadi sistem pembelajaran daring. Setelah daring, muncul berbagai macam kendala yang dialami siswa. Dari kendala yang muncul, maka sistem pembelajaran dialihkan lagi menjadi sistem pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. PTM terbatas di SMA Muhammadiyah 1 menggunakan strategi PTM terbatas dengan jenis tatap muka daring dan luring secara bergantian. PTM terbatas menjadi pilihan bagi satuan pendidikan dalam mengurangi dampak negatif yang timbul pada peserta didik akibat dari kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat problematika yang dialami oleh siswa selama PTM terbatas. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator kendala sebanyak 80% siswa mengalami problematika dalam pembelajaran daring, indikator waktu sebanyak 53% siswa mengalami problematika dalam jadwal pembagian daring dan luring, indikator model pembelajaran sebanyak 20% siswa mengalami problematika dalam model yang digunakan guru dalam menjelaskan materi sulit dipahami siswa, indikator sarana sebanyak 15% siswa mengalami problematika pada buku perpustakaan yang kurang lengkap, indikator materi biologi sebanyak 27% siswa mengalami problematika pada guru yang jarang memutarkan vidio pembelajaran pada saat belajar, indikator metode sebanyak 100% dikarenakan tidak pernah melakukan praktikum selama PTM terbatas baik di sekolah maupun dirumah, pada indikator evaluasi sebanyak 6% siswa mengalami problematika dalam mengejerkan tugas evaluasi. Kesimpulan yang di dapat setelah melakukan penelitian bahwa problematika yang paling banyak dialami siswa pada indikator metode yaitu sebanyak 100% dikarenakan tidak pernah melakukan praktikum sehingga mengakibatkan siswa sulit dalam memahami materi karena tidak dipraktikkan secara langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hendra, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | PTM Terbatas, Proses Pembelajaran, Biologi |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 02:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 02:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23267 |
Actions (login required)
View Item |