ahmad reza hamdani, nim. 152018051 (2022) ANALISIS USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK MEJA OSHIN MENGGUNAKAN METODE SIX-SIGMA (STUDI KASUS MEJA OSHIN BAPAK USNAIDI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
Text
152018051_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
152018051_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
152018051_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
152018051_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
|
Text
152018051_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
152018051_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
152018051_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
152018051_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Industri Meja Oshin di Indonesia umumnya dilakukan pada industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat. Meja Oshin Bapak Usnaidi adalah salah satu UKM tempat pembuatan Meja Oshin. Pada proses produksinya masih ditemukannya produk yang kualitasnya tidak sesuai dengan standar atau dapat dikatakan produk tersebut mengalami kerusakan(kecacatan). Rata-rata produk kecacatan selama tahun 2021 sebesar 6.14 % dari produk yang dihasilkan. Sehingga produksi UKM Meja Oshin Bapak Usnaidi perlu dilakukan perbaikan kualitas agar dapat meminimalisir defect. Untuk mencapainya dapat melalui kajian menggunakan metode Six Sigma DMAIC yang digunakan dalam menganalisa penyebab produk cacat. Hasil penelitian menunjukan ada tiga jenis kecacatan yaitu warna tidak rata, meja oshin berlubang dan kaki pada meja oshin tidak rata dengan demikian dapat di simpulkan bahwa rata-rata DPMO 187.000 dengan tingkat sigma sebesar 2,90 yang berada di level 3σ termasuk dalam standar rata-rata industri Indonesia, untuk jenis kecacatan paling banyak yaitu pada warna meja oshin tidak rata, Usulan perbaikan dari penelitian ini adalah meningkatkan pengawasan terhadap kinerja karyawan, memberikan pengarahan kepada pekerja, membuat standar khusus disetiap hasil proses, membuat standar operasional prosedur(SOP).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ir. H. A. Ansyori Masruri, MT. 2. Merisha Hastarina, S.T., M.Eng. |
Uncontrolled Keywords: | Meja Oshin, perbaikan Kualitas, Six Sigma DMAIC. |
Subjects: | Industri > Kayu, Gabus,dan Teknologi Menggunakan Kayu |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:34 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23094 |
Actions (login required)
View Item |