Muhammad rizki tirtayasa, Nim. 112018069 (2022) EVALUASI KERUSAKAN JALAN LUBUK BARU-NEGERI SINDANG SEPANJANG 9 KM DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
112018069_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
Text
112018069_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
112018069_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
112018069_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
112018069_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
112018069_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
112018069_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
112018069_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
112018069_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Perkembangan pembangunan dan ekonomi dalam suatu daerah tidak lepas dari peran prasarana dan sarana. Jalan dan jembatan merupakan sarana penghubung dari satu daerah ke daerah lain, dengan kebutuhan pengguna yang beraneka ragam. Perihal tersebut akan membuat perubahan pada jenis angkutan barang dan jasa, hal ini akan meningkatkan volume maupun berat muatan dimana membebani jalan dan jembatan. Kondisi pemakaian tersebut, maka jalan sering mengalami kerusakan yang amat mengganggu hingga membahayakan pengguna jalan dan jembatan . Survey kondisi perkerasan perlu dilakukan secara periodik baik struktural maupun nonstruktural untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan yang ada. Pemeriksaan nonstruktural (fungsional) antara lain bertujuan untuk memeriksa kerataan (roughness), kekasaran (texture), dan kekesatan (skid vii resistance). Pengukuran sifat kerataan lapis permukaan jalan akan bermanfaat di dalam usaha menentukan program rehabilitasi dan pemeliharaan jalan. Pavement Condition Index (PCI) adalah perkiraan kondisi jalan dengan sistem rating untuk menyatakan kondisi perkerasan yang sesungguhnya dengan data yang dapat dipercaya dan obyektif. Metode PCI dikembangkan di Amerika oleh U.S Army Corp of Engineers untuk perkerasan bandara, jalan raya dan area parkir, karena dengan metode ini diperoleh data dan perkiraan kondisi dilapangan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Dari hasil identifikasi penulis jenis-jenis kerusakan yang terdapat di ruas jalan Lubuk Baru-Negeri Sindang perkerasan lentur terdapat lubang, alur, pelepasan butir, pengausan, ambelas, retak buaya, cekungan, retak kotak-kotak, retak samping jalan, pinggir jalan turun, retak memanjang, Sedangkan untuk perkerasan kaku terdapat Retak akibat beban lalu lintas, Retak Sudut, Retak lurus, Keausan agregat, Keausan akibat lepasnya mortar dan agregat, Keausan akibat lepasnya agregat di sudut, Keausan atau lepasnya agregat sambungan. Besarnya nilai kondisi perkerasan atau Pavement Condition Index (PCI) ruas jalan yang menjadi obyek penelitian dengan tertinggi 100 ( Excelent ) dan yang terendah 0 ( Fail/gagal ). Rekomendasi yang harus dilakukan 63 Segmen Direkontruksi, 43 Segmen Rehabilitasi, dan 24 Segmen pemeliharaan rutin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : Ir. JONIZAR,M.T |
Uncontrolled Keywords: | pavement condition index, kerusakan jalan |
Subjects: | Teknik Sipil > teknik jalan raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 00:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 00:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23008 |
Actions (login required)
View Item |