IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG

Gebriella Zahira Salsabila, 622018041 (2022) IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018041_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018041_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018041_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018041_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018041_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622018041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018041_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak GEBRIELLA ZAHIRA SALSABILA. 622018041. Skripsi dengan judul “IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG”. Permasalahan yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode reward dan punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 40 Palembang, (2) Bagaimana upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode reward dan punishment di SMP Negeri 40 Palembang, (3) Bagaimana implikasi pelaksanaan pembelajaran dengan reward dan punishment untik meningkatkan motivasi belajar di SMP Negeri 40 Palembang.Manfaat dari penelitian ini adalah kegunaan yang diambil untuk mendapatkan teori baru tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan reward sehingga dapat menambah wawasan berpikir untuk dapat dijadikan dasar bertindak bagi pendidik dan dunia kependidikan pada umumnya, baik oleh peneliti maupun peneliti lainnya. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah: Angket (Kuisioner), Observasi, dan DokumentasiHasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: dengan menyebar kuisioner berisi 30 soal Pelaksanaan pembelajaran reward angka tertinggi terletak pada butir soal nomor 1, yaitu 98% responden setuju atas pernyataan pada kuisioner. Sedangkan terendah pada nomor 6 dan 10 yaitu terletak pada 87% responden setuju atau melakukan sesuai pernyataan di kuisioner. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode punishment Nilai butir soal tertinggi pada butir soal nomor 4 yaitu 89% guru dari 21 responden melakukan hal tersebut untuk digunakan pada metode punishment terhadap siswa. 37% adalah nilai terendah yang didapatkan dari soal nomor 10. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah sebuah alat ukur terhadap keprofessionalan terhadap bidangnya sebagai seorang pendidik Angka terbesar terletak pada tingkat 90% yaitu pada pernyataan kuisioner nomor 1, 3, dan 5. Sedangkan tingkatan terendah didapat pada kuisioner nomor 9, yaitu berada pada 39% secara tingkatan rata-rata dari jumlah nilai yang didapat dari tiap item pernyataan kuisioner. Dan pada hasil nya Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan ternyata reward dan punishment secara bersama-sama maupun terpisah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 40 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2. Dra. Yuslaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Reward dan Punishment, Motivasi siswa, Upaya guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:20
Last Modified: 07 Oct 2022 02:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22906

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.