PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

NURAH PRADITA JAYANTRI, NIM. 342014147 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014147_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
342014147_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Jayantri, Nurah Pradita. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di SMA Negeri 13 Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Dra. Kholillah, M.M. (II) Susi Dewiyeti, S. Si., M.Si. Kata Kunci: Cooperatif Learning, Kemampuan Kognitif Siswa. Penelitian pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperatif learning materi sistem ekskresi pada manusia terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 13 palembang. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest one group design. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 dengan diberi perlakuan menggunakan model Cooperatif Learning. Instrument yang digunakan yaitu lembar wawancara, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal test pretest-posttest. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa yaitu soal test pretest-posttest berbentuk soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperatif learning terhadap hasil kognitif siswa dengan didukung oleh hasil uji hipotesis dengan hasil nilai asymp. Sign (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak artinya model pembelajaran cooperatif learning berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 13 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:00
Last Modified: 28 Sep 2022 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22773

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.