KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

PUSPITA DAMAYANTI, NIM. 342018012 (2022) KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON TERINTEGRASI NILAI ISLAM MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018012_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342018012_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
342018012_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
342018012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342018012_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
342018012_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
342018012_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
342018012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
342018012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Damayanti, Puspita. 2022. Kelayakan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Terintegrasi Nilai Islam Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. (1) Pembimbing: Drs Suyud Abadi M.Si, (2) Sulton Nawawi S.Pd., M.Pd Kata kunci: Media pembelajaran, powtoon, nilai islam, sistem koordinasi Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya penggunaan media pembelajaran saat proses pembelajaran, guru hanya menggunakan PPT, dan buku cetak sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan juga belum terintegrasi dengan nilai islam kususnya pada mata pelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon terintegrasi nilai islam pada materi sistem koordinasi kelas XI di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Development Reserch) yang mengacu pada model Four-D. Tahapan model Four-D teridiri dari (1) Define, (2) Desaign, (3) Development, (4) Desseminate. Sedangkan penelitian ini hanya sampai tahap Development karena hanya ingin melihat kelayakan dan kepraktisan produk. Analisis yang digunakann dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 6 Palembang sedangkan sampel yang digunakan adalah 15 orang peserta didik kelas XI IPA A SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar validasi ahli media, materi, bahasa, nilai islam, praktisi, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penilaian oleh ahli media medapatkan skor 38 dalam kategori sangat layak, ahli materi mendapatakan skor 32 kategori layak, ahli bahasa mendapatkan skor 46 kategori sangat layak, ahli nilai islam mendapatakan skor 14 kategori layak, ahli praktsi diperoleh skor 97, 5 kategori sangat layak, dan hasil kepraktisan oleh peserta didik medapatkan skor 64,20 kategori sangat praktis. Hal ini dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis powtoon terintegrasi nilai islam materi sistem koordinasi kelas XI di SMA Muhammadiyah 6 Palembang sudah layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya yaitu Dissemanate (penyebaran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, powtoon, nilai islam, sistem koordinasi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:48
Last Modified: 28 Sep 2022 00:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22750

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.