Identifikasi Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Kelas IV SD

Novelea, 332017017 (2022) Identifikasi Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
332017017_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
332017017_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
332017017_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
33017017_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3302017017_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
3302017017_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
332017017_Cover_sampai_Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Novelea. 2022. Identifikasi Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Kelas IV SD Cengal. Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Paalembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd, (2) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan representasi siswa, soal cerita, bangun datar, persegi, persegi panjang, segitiga. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan untuk menyatakan suatu permasalahan yang digunakan untuk mencari solusi dengan menyajikan kembali notasi, tabel, gambar, grafik, dan persamaan atau ekspresi matematis lainnya kedalam bentuk lain. Kemampuan representasi matematis dalam penelitian ini diukur melalui kecakapan siswa dalam menyajikan kembali suatu masalah matematika dalam berbagai representasi matematis yaitu representasi visual, representasi ekspresi, maupun representasi verbal yang digunakan untuk menyatakan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan kemampuan representasi visual, representasi ekspresi dan representasi verbal siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Bangun datar(persegi, persegi panjang dan segitiga) di kelas IV SD Kecamatan Cengal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SD Kecamatan Cengal dengan menggunakan kelas IV sebagai populasi penelitian, sampel penelitian ini adalah 60 siswa dari populasi yaitu kelas IV SDN 1 Cengal, kelas IV SDN 2 Cengal dan kelas IV SDN 1 Talang Rimba. Teknik pengumpulan data ini berupa soal-soal uraian yang berjumlah 7 butir soal yang setiap soal harus diselesaikan menggunakan satu atau beberapa bentuk representasi matematis. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan representasi visual siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat di kategorikan cukup, kemampuan representasi ekspresi siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat di kategorikan baik, dan kemampuan representasi verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat di kategorikan cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Dr.H.Rusdy A. Siroj, M. Pd. 2.Heru, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi siswa, soal cerita, bangun datar, persegi, persegi panjang, segitiga.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:40
Last Modified: 27 Sep 2022 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22734

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.