DETEKSI CEMARAN MIKROBIOLOGI KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA BERBAGAI JENIS PEMPEK DAN WAKTU SIMPAN

DEWI PURNAMA SARI, NIM. 432016002 (2022) DETEKSI CEMARAN MIKROBIOLOGI KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA BERBAGAI JENIS PEMPEK DAN WAKTU SIMPAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
432016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB) | Preview
[img] Text
432016002_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN DEWI PURNAMA SARI. Deteksi Cemaran Mikrobiologi, Karakteristik Fisik dan Kimia Berbagai Jenis Pempek dan Waktu Simpan (dibimbing oleh MUKHTARUDDIN MUCHSIRI dan SUYATNO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran mikrobiologi, karakteristik fisik dan kimia berbagai jenis pempek, untuk mengetahui cemaran mikrobiologi, karakteristik fisik dan kimia berbagai waktu simpan pempek dan untuk mengetahui cemaran mikrobiologi, karakteristik fisik dan kimia berbagai jenis pempek dan waktu simpan. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design yang terdiri dari dua petak dengan jenis pempek sebagai petak utama dan waktu simpan sebagai anak petak yang masing-masing mempunyai tiga perlakuan, sehingga membentuk sembilan kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : perlakuan waktu simpan, jenis pempek dan interaksinya berpengaruh sangat nyata terhadap Angka Lempeng Total (ALT), tingkat kekenyalan (tekstur), kadar protein dan kadar air pada pempek yang disimpan. Angka Lempeng Total (ALT) tertinggi terdapat pada interaksi perlakuan W3J3 dengan nilai rata-rata 5,27 x 109 Cfu/g dan terendah pada interaksi perlakuan W1J2 dengan nilai rata-rata 3,10 x 104 Cfu/g. Tingkat kekenyalan pempek tertinggi terdapat pada interaksi perlakuan W1J1 dengan nilai rata-rata 5,4 gF dan terendah pada interaksi perlakuan W3J3 dengan nilai rata-rata 1,4 gF. Kadar protein pempek tertinggi terdapat pada interaksi perlakuan W1J1 dengan nilai rata-rata 19,18% dan terendah pada interaksi perlakuan W3J3 dengan nilai rata-rata 11,83%. Kadar air pempek tertinggi terdapat pada interaksi perlakuan W3J3 dengan nilai rata-rata 70,04% dan terendah pada interaksi perlakuan W1J2 dengan nilai rata-rata 48,34%. Perlakuan W2J2 pempek belum mengalami tanda-tanda kerusakan, sedangkan perlakuan lainnya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Pada penyimpanan hari ke 4 seluruh perlakuan menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Dan Teknologi Pangan > teknologi pengemasan dan penyimpanan pangan
Divisions: Fakultas Pertanian > Teknologi Pangan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 24 Sep 2022 05:04
Last Modified: 24 Sep 2022 05:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22644

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.