Mardia Saputri, NIM. 342018017 (2022) PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMP NEGERI 12 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
342018017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
Text
342018017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
342018017_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
342018017_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
342018017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
342018017_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
|
Text
342018017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
342018017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
Abstract
Selama pembelajaran daring ditemukan banyak kendala, untuk mengatasi Learning Loss selama pembelajaran daring maka dilaksanakanlah Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Perubahan sistem pembelajaran dari daring ke tatap muka terbatas menjadi tantangan baru pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik selama proses melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dan menganalisis hasil belajar IPA peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian ini terdiri dari 99 orang peserta didik kelas VIII dan 4 orang guru IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi data. Hasil persepsi peserta didik pada PTMT diperoleh untuk perencanaan meliputi persiapan guru untuk media, bahan ajar, dan metode yaitu persentase rata-rata 87,85%. Persentase efektivitas pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas dengan rentang 75-95% dalam melaksanakan proses pembelajaran. Persentase persepsi peserta didik terhadap manfaat dari pembelajaran PTMT yaitu rata-rata 90% memberikan manfaat pada minat dan rasa senang melaksanakan PTMT. Pada kendala PTMT persepsi peserta didik berpendapat bahwa waktu yang diberikan untuk belajar belum cukup untuk memahami materi. Hasil belajar IPA peserta didik selama PTMT, diperoleh kriteria ketuntasan belajar dari 10 kelas, hanya 3 kelas yang mencapai ketuntasan belajar yaitu kelas VIII.8 (93,75%), VIII.9 (100%), VIII.10 (100%) dan kelas yang tidak tuntas ada 7 kelas dengan persentase terendah 43,75%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Meli Astriani, M.Si. 2. Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: persepsi, hasil belajar IPA, tatap muka terbatas, efektivitas pembelajaran. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 01:11 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 01:11 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22489 |
Actions (login required)
View Item |