MILSA TALEGA, NIM. 332015040 (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 9 TULUNG SELAPAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332015040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
332015040_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
332015040_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
332015040_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
Text
332015040_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
332015040_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
332015040_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
332015040_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
332015040_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar dimana guru masih menggunakan motode ekspositori dimana guru yang aktif menjelaskan atau menyampaikan meteri dengan maksut siswa bisa menerima atau menguasi seluruh materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penulis akan mencoba meneliti menggunakan model PBL. Sehingga muncul permasalahan apakah penggunaan model PBL efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Tulung Selapan pada materi pokok teorema Pythagoras Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 9 tulung selapan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan angket. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran PBL pada materi Teorema Pythagoras terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Tulung Selapan. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai 72%, pada siklus II meningkat mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari tiap siklus. Berarti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat menjadi salah satu model pembelajaran alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Tulung Selapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Muslimin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teorema Pythagoras, Metode PBL |
Subjects: | Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 07:20 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:20 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22301 |
Actions (login required)
View Item |