Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Pecahan Di Kelas V Sd N Cinta Damai

NUR SANIYAH NADA, NIM.33218004 (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Pecahan Di Kelas V Sd N Cinta Damai. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332018004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img] Text
332018004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
332018004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
332018004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
332018004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
332018004_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
332018004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
332018004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
332018004_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Nada, Nur Saniyah. 2022 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Pecahan Di Kelas V SD N Cinta Damai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. H. Syaifudin, M.Pd (2) Muslimin, M.Pd. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas V.A SD Negeri Cinta Damai, menemukan permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Penyebabnya yaitu peserta didik kurang terlatih,kurang teliti dan kurang terampil dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan, sehingga peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) tepat untuk digunakan karena melalui model pembelajaran ini peserta didik dapat terampil dalam menyelesaikan soal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang diperlukan yaitu observasi dan tes. Sehingga diperoleh kesimpulan : (1) Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) cukup efektif, karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan di kelas V.A SD Negeri Cinta Damai. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes peserta didik yang diperoleh dari siklus I yang diikuti oleh 22 peserta didik dengan ketuntasan belajar 55%. Hasil tes siklus II yang diikuti oleh 22 peserta didik memperoleh ketuntasan belajar 73%. Hasil tes siklus III yang diikuti oleh 22 peserta didik yang memperoleh ketuntasan belajar 86%. Dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus bahwa mengalami peningkatan. (2) Dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V.A SD Negeri Cinta Damai terbukti dari hasil observasi yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung pada siklus I,siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Syaifudin, M.Pd 2. Muslimin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: matematika, hasil belajar, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan
Subjects: Matematika > Filsafat dan Teori Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:09
Last Modified: 14 Sep 2022 06:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22218

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.