KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS AL-HIDAYAT CIPT PRAJA A7 MUSI BANYUASIN

SAFITRI WULANDARI, NIM. 312018032 (2022) KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS AL-HIDAYAT CIPT PRAJA A7 MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (844kB) | Preview
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
abstrak,dan kata pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
lampiran1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
312018032_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Safitri. 2022. Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII SMP Plus Al-Hidayat Cipta Praja A7 Musi Banyuasin, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Surismiati S.Pd., M.Pd, dan (2) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, media audio visual Latar belakang penelitian ini untuk melengkapi pemahaman terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa masih rendah dan belum memuaskan. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah media audio visual mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi dan apakah dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi melalui media audio visual. Manfaat penelitian ini bagi penulis, guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen desing). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes, teknik angket dan teknik wawancara. Analisis data tes uji hipotesis adalah berdasarkan hipotesis penelitian, terbukti bahwa to lebih besar dari pada harga kritik “t”, yaitu 4,5045871559 > 1.67 pada taraf signifikan 0.05, karena hipotesis nihil ditolak Ha diterima.. Hasil analisis dan pembahasan mengenai menulis karangan narasi diketahui bahwa nilai rata-rata tes menulis karangan narasi kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu eksperimen 77,56 dan kelas kontrol 72,65. Berdasarkan kedua tes akhir menulis karangan narasi tersebut, diketahui dari perhitungan uji+t maka didapatkan thitung > ttabel atau 4,5045871559 > 1,67. Dengan demikian, disimpulkan media Audio Visual berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Plus Al-Hidayat Cipta Praja A7 Musi Banyuasin. Hal ini dibuktikan dengan thitung > t tabel 4,5045871559 > 1.67 pada taraf signifikan 0.05 dengan db 58, yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 72,56 dan kelas eksperimen nilai rata-rata 77,56. Jadi, uji hipotensi dinyatakan Ha diterima. Saran penelitian kepada siswa, berusaha terus untuk menambah pengetahuannya tentang pelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan narasi sehinggan meningkatkan hasil lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Surismiati, S.Pd., M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan narasi, media audio visual
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Sep 2022 01:55
Last Modified: 17 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.