Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas V SD

Meiliyana Sari, NIM. 332018008 (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332018008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
332018008_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
332018008_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
332018008_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
332018008_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
332018008_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
332018008_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
332018008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
332018008_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sari, Meiliyana. 2022. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas V SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Syaifudin, M.Pd., (2) Muslimin, M.Pd. Berdasarkan hasil Trend In Internasional Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2015 Indonesia berada diperingkat 44 dari 49 negara dengan rata- rata skor 397 dimana Indonesia masih dibawah skor rata-rata internasional yaitu 500. Persentasi siswa yang menjawab dengan benar pada pokok bahasan bilangan hanya sebesar 26%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rata-rata siswa SD di Indonesia masih kesulitan dan salah dalam menjawab soal-soal TIMSS salah satunya pada pokok bahasan bilangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berdasarkan tahapan Kastolan di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 189 Palembang tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian sebanyak 21 siswa dikelas Vc. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk uraian yang berfungsi sebagai data utama dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan berdasarkan tahapan Kastolan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 31,42% siswa yang melakukan kesalahan konseptual, sebanyak 19,99% siswa melakukan kesalahan prosedural, serta sebanyak 64,75% siswa yang melakukan kesalahan teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Syaifudin, M.Pd. 2. Muslimin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, Kastolan, pecahan
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:10
Last Modified: 14 Sep 2022 04:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.