IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP BERDASARKAN KRITERIA KESALAHAN NEWMAN

AYU OKTARIZA IRAWAN, NIM. 332018009 (2022) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP BERDASARKAN KRITERIA KESALAHAN NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
332018009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332018009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
332018009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
332018009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
332018009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332018009_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
332018009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
332018009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
332018009_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Irawan, Ayu Oktariza. 2022. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Kelas VIII SMP Berdasarkan Kriteria Kesalahan Newman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H Rusdy A Siroj, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.Berdasarkan hasil Ujian Nasional Matematika tingkat SMP di beberapa tahun terakhir, persentase siswa menjawab benar materi statistika hampir selalu paling rendah bila dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Hal tersebut disebabkan karena masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika kelas VIII SMP berdasarkan kriteria kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data berupa soal tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada kriteria Newman yaitu : kesalahan membaca (reading) sebesar 3,43%, kesalahan memahami (comprehension) sebesar 19,89%, kesalahan transformasi (transformation) sebesar 16,87%, kesalahan keterampilan proses (process skill) sebesar 8,47%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding) sebesar 10,62%. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa yaitu : tidak membaca soal secara keseluruhan, tidak memahami masalah, tidak mengetahui rumus, dan tidak mampu melakukan prosedur atau langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, serta tidak dapat menyimpulkan jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Rusdy A Siroj, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kesalahan Newman, Statistika
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:25
Last Modified: 14 Sep 2022 00:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.