PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BIOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Maya Puspita Sari, NIM. 342017005 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BIOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
342017005 - BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
342017005_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
342017005_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
342017005_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
342017005_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
342017005_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
342017005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
342017005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
342017005_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Puspita Sari, Maya. 2022. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill(HOTS) pada Materi Biologi Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 8 Palembang. Skripsi. Palembang: Program Studi Pendidikan Biologi, Program Strata 1 (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Kata Kunci: Pengembagan Tes, Higher Order Thinking Skill Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang valid dan reliabel. Instrumen yang dikembangkan berupa pilihan ganda yang berjumlah sebanyak 40 soal. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Palembang yang berjumlah 141 peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang mengacu pada model McIntire & Miller. Analisis data validitas instrumen terdiri dari analisis kualitatif instrumen menggunakan Statistik Aiken V dengan kriteria nilai 0.42, sedangkan data kuantitatif instrumen menggunakan model Rasch berbantuan aplikasi Winstep dengan kriteria nilai MNSQ yang diterima 0.5 < MNSQ < 1.5, ZSTD yang diterima -2.0 < ZSTD < +2.0, dan Pt Mean Corr yang diterima 0.4 < Pt Measure Corr < 0.85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skill dinyatakan valid secara kualitatif dengan nilai yang berkisaran (0.50−1.00) dengan kategori cukup hingga sangat tinggi, begitu juga secara kuantitatif menunjukkan bahwa dari 40 soal hanya 33 aitem soal yang memenuhi kriteria valid dan reliabel menurut model Rasch.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembagan Tes, Higher Order Thinking Skill
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:12
Last Modified: 14 Sep 2022 00:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22189

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.