ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM NYUMBANG KARYA RAHMA NURLINDA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Anik Fitriana, NIM 312018039 (2022) ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM NYUMBANG KARYA RAHMA NURLINDA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
312018039_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
312018039_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
312018039_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
312018039_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
312018039_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
312018039_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312018039_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fitriana, Anik. 2022. Analisis Nilai Moral dalam Film Nyumbang Karya Rahma Nurlinda dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt., dan (II). Surismiati S..Pd., M.Pd. Kata kunci : Analisis, Nilai-Nilai Moral, Film Latar belakang penelitian ini untuk melengkapi pemahaman terhadap nilai-nilai moral dalam film Nyumbang karya Rahma Nurlinda dan dapat memberikan manfaat kepada pembacanya. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa saja yang terdapat dalam film Nyumbang karya Rahma Nurlinda. Tujuan penelitian ini untuk menemukan nila-nilai moral dalam film Nyumbang karya Rahma Nurlinda. Sumber data dalam penelitian ini yaitu film Nyumbang karya Rahma Nurlinda berdurasi 20 menit. Peneliti menganalisis data dengan menonton film Nyumbang karya Rahma Nurlinda secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman awal, menonton ulang film lebih cermat untuk memperoleh informasi lebih banyak, membuat sinopsis film berdasarkan hasil menonton, menganalisis nila-nilai moral dalam film. Hasil analisis ini membuktikan bahwa dalam film Nyumbang karya Rahma Nurlinda terkandung nila-nilai moral, yaitu (a) hubungan manusia dengan dirinya sendiri terdiri dari pantang menyerah, karma (b) hubungan manusia dengan manusia lain terdiri dari kejujuran, perilaku tidak terpuji, rasa peduli (c) hubungan manusia dengan masyarakat terdiri dari sedekah, rasa peduli (d) hubungan manusia dengan Tuhan terdiri dari lapang dada, kurang bersyukur. Sebagai penutup penulis menyarankan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang nila-nilai moral serta mampu menjalankan hidup dengan moral dan etika yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Gunawan Ismail, S.Pd.,C.Mt Pembimbing 2. Surismiati, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Nilai-Nilai Moral, Film
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:18
Last Modified: 14 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22017

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.