MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG

NINDI PRATIWI AGUSTIN VIRTA, NIM 312018016 (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text
312018016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
312018016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
312018016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
312018016_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
312018016_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
312018016_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018016_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Nindi. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Memanfaatkan Media Komik terhadap siswa kelas X SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang. Skripsi studi pendidikan bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing : (I) Dr. Houtman, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: Cerpen dan komik Latar belakang dalam penelitian ini adalah sebagian siswa yang menganggap materi menulis cerpen sebagai materi yang cukup sulit, dan menulis cerpen juga dianggap merupakan keterampilan yang cukup yang membutuhkan kemahiran khusus sehingga perlu pembelajaran yang mendalam. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan memanfaatkan media komik pada siswa kelas X SMA Yayasan Wanita Kereta Api YWKA Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa SMA Yayasan Wanita Kereta Api YWKA Palembang dalam menulis cerpen dengan memanfaatkan media komik, penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tertulis, angket, wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu ada peningkatan siswa dalam kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media komik pada siswa kelas X SMA Yayasan Wanita Kereta Api YWKA Palembang, karena terbukti melalui tes awal prasiklus dengan ketuntasan hanya mencapai 68%, kemudian meningkat melalui tes siklus 1 mencapai ketuntasan 78%, dan lebih meningkat melalui tes siklus 2 dengan ketuntasan 88%. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “media komik mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Yayasan Wanita Kereta Api YWKA Palembang” terbukti kebenarannya dapat diterima. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa media komik mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Yayasan Wanita Kereta Api YWKA Palembang. Saran siswa memerlukan latihan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap materi cerpen dengan menggunakan media komik, dan guru bahasa Indonesia diharapkan dapat memberikan motivasi serta dorongan kepada para siswa agar lebih meningkatkan dan mengembangkan kreativitas dalam menulis cerpen dengan menggunakan media komik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Houtman, M.Pd 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Cerpen dan komik
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Sep 2022 06:10
Last Modified: 10 Sep 2022 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21955

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.