IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DI SMA ASSANADIYAH DENGAN PENDEKATAN SOSIOPRAGMATIK

Rusmaniar Puteri Nurjannah, NIM. 312018015 (2022) IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DI SMA ASSANADIYAH DENGAN PENDEKATAN SOSIOPRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018015_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
312018015_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
312018015_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
312018015_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
312018015_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
312018015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312018015_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jannah, Rusmaniar P. N. 2022. Implikatur Percakapan Guru dan Siswa di SMA Assanadiyah dengan Pendekatan Sosiopragmatik . Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana ( S1 ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang . Pembimbing : ( I ) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd, ( II ) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci : Implikatur, Percakapan, Sosiopragmatik. Bahasa memegang peran penting dalam berkomunikasi. Peranan ini akan berdampak pada penerimaan lawan tutur terhadap penutur. Dalam proses interaksi pembelajaran, bahasa digunakan sebagai media transfer ilmu antara guru dengan siswanya. Kadang fungsi bahasa yang dituturkan dalam bentuk yang berbeda. Artinya, apa yang dituturkan dengan apa yang dimaksudkan tidak selalu sama. Kajian inilah yang akan dibahas dalam implikatur percakapan. Konsep implikatur percakapan digunakan untuk menerangkan perbedaan yang sering terjadi antara apa yang diucapkan dengan apa yang diimplikasikan. Rumusan masalah peneliti adalah untuk mengetahui bagaimanakah implikatur percakapan umum dan implikatur percakapan khusus yang terdapat pada percakapan guru dan siswa di SMA Assanadiya. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis implikatur percakapan guru dan siswa di SMA Assanadiyah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Assanadiyah Palembang. Sumber data penelitian adalah informan, peristiwa tutur, dan dokumen. Pengumpulan data diperoleh dengan menerapkan metode wawancara mendalam, observasi, metode rekam, metode simak dan metode catat dan analisis dokumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan intralingual. Hasil penelitian ini adalah ditemukannnya implikatur percakapan umum dan imlikatur percakapan khusus dalam pembelajaran yang secara keseluruhan berjumlah 19 implikatur percakapan. Berdasarkan perhitungan terdapat 10 implikatur percakpan umum dan 9 implikatur percakapan khusus yang terdapat pada percakapan guru dan siswa di SMA Assanadiyah. Masing-masing implikatur memiliki maksud dan tujuan tertentu oleh setiap penuturnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Implikatur, Percakapan, Sosiopragmatik.
Subjects: Bahasa Indonesia > Semantik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:01
Last Modified: 09 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.