Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar di SMA Aisyiyah 1 Palembang

Y. ROSA ADILLA, NIM. 342018025 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (890kB) | Preview
[img] Text
342018025_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
342018025_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
342018025_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
342018025_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
342018025_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
342018025_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
342018025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
342018025_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menemukan sendiri ide dan konsep materi pembelajaran dengan guru hanya sebagai pengarah atau pembimbing pembelajaran. Quizizz adalah suatu game interaktif berbasis pendidikan yang didalamnya terdapat beberapa ikon untuk dikembangkan. Salah satunya yaitu ikon kuis dimana pengguna dapat membuat kuis menggunakan Quizizz untuk suatu pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik berupa penilaian setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, ketrrampilan pada diri peserta didik dengan adanya perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitaif dengan metode penelitian Pre-experimental design. Dengan rancangan penelitian Design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu X.1 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis nilai afektif peserta didik kelas X.1 diperoleh nilai rata-rata tes afektif sebesar 3,65. Hasil analisis nilai psikomotorik pada kelas X.1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t berpasangan, hasil yang diperoleh dari perhitungan uji t berpasangan yaitu nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya model Discovery Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi keanekaragaman hayati di SMA Aisyiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Aplikasi Quizizz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:38
Last Modified: 08 Sep 2022 04:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.