PENGARUH APLIKASI WATTPAD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PENULISAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG

ORINTIA YOLANDA, NIM 312018011 (2022) PENGARUH APLIKASI WATTPAD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PENULISAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018011_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
312018011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
312018011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
312018011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
312018011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
312018011_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
312018011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
312018011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
312018011_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yolanda, Orintia. 2022. Pengaruh Aplikasi Wattpad dalam Mengembangkan Kreativitas Penulisan Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd.,C.Mt., (II) Drs. Danto, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Aplikasi Wattpad Latar belakang penelitian ini banyak sekali media sosial yang dapat digunakan untuk menyalurkan kreativitas menulis, salah satunya aplikasi Wattpad yang menyediakan berbagai cerita fiksi. Wattpad Merupakan aplikasi online yang sedang tren saat ini di kalangan remaja. Aplikasi ini mudah diakses dan tanpa biaya, hanya saja memerlukan akses internet untuk dapat menggunakannya. Wattpad adalah aplikasi yang disediakan bagi penulis dan pembaca, di sini pembaca dapat memberikan masukan atau saran kepada penulis mengenai tulisannya, tujuan penelitian akan tercapai. Beberapa batasan masalah dalam penelitian ini adalah luas lingkup hanya meliputi informasi mengenai aplikasi Wattpad seputar pengaruhnya terhadap penulisan cerita pendek. Informasi yang disajikan yaitu Wattpad sebagai aplikasi modern yang banyak membawa perkembangan bagi perusahaan penerbit di indonesia serta dampak negatif dan positif nya terhadap kreativitas siswa dalam menulis. rumusan masalah berisi uraian tentang masalah yang hendak dipecahkan melalui penelitian, tentunya masalah-masalah yang dipaparkan itu tidak lepas dari latar belakang yang dikemukakan pada bagian pendahuluan. Berikut ini masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh aplikasi Wattpad ini dalam mengembangkan pola pikir siswa terhadap cerita yang diterbitkan di sosial media. Tujuan penelitian berisi uraian tentang tujuan penelitian yang dilakukan secara spesifik yang ingin dicapai dari penelitian yang hendak dilakukan agar dapat menentukan hasil belajar siswa, Manfaat penelitian ini adalah untuk mengembangkan ilmu sastra khususnya di dalam bidang menulis cerpen dan penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan serta kreativitas siswa dalam menulis. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa siswa kelas eksperimen yaitu kelas XI. IPS 3 dinyatakan Ha atau diterima, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh terhadap pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Wattpad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemnimning 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd.,C.Mt 2. Drs. Danto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Aplikasi Wattpad
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:31
Last Modified: 08 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21871

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.