PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 PALEMBANG

INDRIYANI, NIM. 312018051 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018051_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018051_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
312018051_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
312018051_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018051_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
312018051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
312018051_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
312018051_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Indriyani. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Houtman, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: Pengaruh, Project Based Learning, kemampuan menulis fabel. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering mengalami kesulitan dan merasa kurang tertarik dengan model pembelajaran yang konvensional dan monoton dalam menulis teks fabel. Peneliti memerlakukan model pembelajaran dalam menulis teks fabel. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks fabel. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes uraian pretest dan posttes, pemberian angket kepada peserta didik dan pemberian wawancara kepada guru Bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Palembang, yang menjadi sampel berjumlah 70 peserta didik, terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian pretest kelas eksperimen, diperoleh rata-rara y1 = 54,33 dan hasil perhitungan posttest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh rata-rata y2 = 75,88. Sedangkan hasil pretest kelas kontrol dengan memperoleh nilai rata-rata x1 = 146,22 dan hasil perhitungan posttest dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata x2 = 55,33. Setelah data dianalisis, maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh diperoleh thitung = 6,34 pada taraf signifikan = 5% dan dk = 58 diperoleh ttabel = 1,67, Jadi thitung lebih besar daripada ttabel. thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Palembang”, dapat diterima kebenarannya. Dengan demikian, hasil nilai posttest kelas eksperimen telah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Houtman, M.Pd 2. Dra. Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Project Based Learning, kemampuan menulis fabel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:58
Last Modified: 07 Sep 2022 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21848

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.