Pengaruh Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Advertensi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang

SUCI OKTA GUNA, NIM. 312018019 (2022) Pengaruh Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Advertensi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
312018019_BAB II .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
312018019_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
312018019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018019_ BAB V .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
312018019_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
312018019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Guna, Suci okta. 2022. Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Advertensi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Drs. Danto, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Menulis Teks Persuasi Advertensi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa sering menghadapi masalah dalam menulis karangan teks persuasi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran SAVI untuk mengetahui pengaruh keterampilan siswa dalam menulis karangan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis teks persuasi advertensi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang? Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 palembang dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 (kontrol) yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII2 (Eksperimen) yang berjumlah 31 siswa. Pelaksanaan mengajar di kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 2 kali pertemuan, pada pertemuan pertama dan kedua di kelas kontrol tidak diberikan perlakuan model pembelajaran SAVI. Sedangkan di kelas eksperimen pertemuan pertama tidak diberikan perlakuan dan pertemuan ke dua menggunakan perlakuan model pembelajaran SAVI. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berbentuk esai, lembar angket berjumlah 10 soal pilihan ganda dan wawancara guru. Hasil analisis data yang menunjukkan nilai rata-rata postest kelas kontrol lebih rendah dengan nilai 63,056 dibandingkan postest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata adalah 71,87. Berdasarkan perbandingan mean dan perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa ttabel adalah 1,67 dengan DK 60 pada taraf signifikan 5%. Hal ini yang terbukti dari hasil hipotesis yang diperoleh yaitu thitung ≥ ttabel atau 6,58 ≥ 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan DK 60, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi teks persuasi advertesni siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M. Pd. 2. Drs. Danto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Menulis Teks Persuasi Advertensi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:42
Last Modified: 06 Sep 2022 02:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.